Skip to content


CX-Designer

1. JUDUL

CX-Designer

 

2. TUJUAN

  • Mengetahui dan mendesain menggunakan CX Designer
  • Menyimulasikan logika PLC menggunakan CX Designer

 

3.  DASAR TEORI

CX Programmer adalah software khusus untuk memprogram PLC buatan OMRON. CX Programmer ini sendiri merupakan salah satu software bagian dari CX-One. Dengan CX-Programmer ini kita bisa memprogram aneka PLC buatan omron dan salah satu fitur yang saya suka yaitu adanya fitur simulasi tanpa harus terhubung dengan PLC, sehingga kita bisa mensimulasikan ladder yang kita buat, dan simulasi ini juga bisa kita hubungkan dengan HMI PLC Omron yang telah kita buat dengan menggunakan CX-Designer (bagian dari CX-One).

CX Designer merupakan software yang mendukung untuk pemrograman PLC buatan OMRON. CX Designer merupakan perangkat lunak yang mampu mem-visualisasikan PLC dengan layar tampilan yang mampu di desain.

CX Designer dapat digunakan sebagai simulator yang dikombinasikan dengan CX Programmer untuk menguji kerja program PLC sebelum ditransfer ke dalam PLC.

 

4. LADDER DIAGRAM

CX Programmer :

CX Designer :

 

5. HASIL DAN PEMBAHASAN

Setelah kita mendesain ladder diagram pada CX Programmer, kita beralih ke CX Designer. Kemudian membuat projek baru dan mengatur Pengaturan konfigurasi supaya mampu dikoneksikan secara virtual ke CX Programmer yang sudah kita buat.

Kemudian kita atur komponen sesuai dengan button dan relay yang sudah didefinisikan pada ladder CX Programmer, atur juga pengalamatannya supaya sesuai dengan pengalamatan pada CX Programmer.

Letakkan label, beri label yang sesuai untuk tiap-tiap button dan output, atur input1 dan input2 sebagai momentary sedangkan input3 dan input4 sebagai switch. Jangan lupa pengalamatannya 00 untuk input1, dan 01 untuk input2, 02 untuk input3, dan 03 untuk input4.

Sedangkan untuk workstation dengan output memiliki pengalamatan yang berbeda, pada CX Designer kita atur konfigurasinya, alamat w untuk workstation dan o untuk alamat I/O.

Jika semuanya sudah diatur sesuai dengan parameter-parameter yang telah di definisikan, kita bisa langsung ke bagian simulasinya. Alihkan ke Tools > Test, maka akan muncul interface Test, pilih koneksikan ke CX Simulator, kemudian tekan start.

Maka akan muncul desain yang sudah kita buat.

Dimana seperti yang telah diketahui, input yang berupa button jika di tekan akan melakukan logika yang sudah di rancang di ladder CX Programmer maupun desain di CX Designer. Berikut hasil simulasinya :

Output (100.00) hanya akan di trigger ketika workstation0 dan workstation1 keduanya aktif.

 

6. KESIMPULAN

Kesimpulan yang dapat diperoleh adalah CX Designer mampu menyimulasikan secara virtual logika CX Programmer ketika melakukan interfacing terhadap PLC.

 

7. REFERENSI

http://www.omron-ap.com/data_pdf/cat/cx-designer_ds_e_5_5_csm1000602.pdf?id=1361

https://www.musbikhin.com/pengantar-cx-programmer-seri-belajar-plc/

https://www.musbikhin.com/pengantar-cx-programmer-seri-belajar-plc/

https://www.musbikhin.com/pengantar-cx-programmer-seri-belajar-plc/

Posted in Computer and Electronics, Depan.

Tagged with , , , , .


0 Responses

Stay in touch with the conversation, subscribe to the RSS feed for comments on this post.



Some HTML is OK

or, reply to this post via trackback.