Skip to content


Bahaya, Jangan Makan disambi dengan Minum! Ini Akibatnya

Pernah tidak kita biasanya pas lagi makan, tiba-tiba kok berasa seret di mulut, atau tenggorokan. Habis itu kita ambil segelas air minum, air bening misalnya, buat melepas dahaga? Perlu diketahui, bahwa kebiasaan seperti itu adalah merupakan hal yang salah dan sebaiknya dihindari. Lah, kenapa kok sebaiknya dihindari kebiasaan makan sembari minum itu? Yuk simak.

Saat kita minum setelah makan beberapa sendok, kita merasa lebih nyaman untuk melanjutkan makan, akan tetapi ternyata, air minum itu justru malah akan mengganggu pencernaan yang sedang berlangsung disebabkan cairan yang terlalu banyak di perut ketika sedang makan dapat memperlambat pencernaan.

Minuman yang kita minum saat sedang makan akan menghilangkan kinerja asam lambung yang diproduksi oleh perut. Minum terlalu banyak air selama makan dapat mengganggu tingkat alami dan perlu empedu dan asam lambung. Dengan demikian, pencernaan tidak akan sempurna, dan malah membuat perut cepat kembung.

Cairan tersebut juga akan menyebabkan lemak dan minyak-minyak makanan saling lengket untuk dicerna. Sehingga akan mengganggu pencernaan makanan lainnya. Akibatnya, zat gizi yang terkandung dalam makanan tidak akan diserap tubuh. Dan akan menyebabkan tubuh tidak sehat, berdampak pada kondisi kulit, konsentrasi, stamina, dll. Serta pencernaan tidak lancar.

Jika Anda ingin minum saat dalam keadaan sedang makan, lebih baik tunggu minimal 30menit setelah selesai makankarena setelah kita makan, makanan yang kita cerna di lambung tidak langsung turun namun membutuhkan waktu proses pencernaan, itupun lebih baik kita tetap minum dengan proporsi yang tidak berlebih. Setelah satu atau dua jam, Anda baru diperbolehkan minum sebanyak yang Anda inginkan.

Kalau Anda tetap tidak bisa mengontrol diri supaya ingin minum air, antara makan-minum, maka Anda harus minum pada ruangan yang bersuhu hangat/panas/minuman hangat. karena minuman air dingin dapat membuat enzim pencernaam menjadi tidak aktif bekerja dan mengarah ke penumpukan limbah beracun pada steer tubuh Anda jelas akan berkarbonasi dengan kafein, disebabkan minum ketika Anda sedang makan karena itu menyebabkan asam reflux dan masalahl-masalah pencernaan lainnya.

Disamping itu, minum air sebelum dan sesudah Anda makan akan membantu proses pencernaan. Minum air minum sebelum makan kisaran 30menit sebelumnya dapat menjaga tubuh dari dehidrasi sehingga menyebabkan pencernaan yang optimal. Untuk hati, ini juga penting sebagai alat bantu tubuh hidrasi secara keseluruhan kinerja liver yang optimal. Minum air sekitar 30 menit setelah juga dapat membantu dalam hydrating tubuh melalui bagian terakhir dari pencernaan dan mengisi cairan yang hilang dari pencernaan. Penting untuk dicatat bahwa air minum selama makan akan lebih bermanfaat daripada tidak minum sambil makan jika Anda tidak benar terhidrasi sebelum tangan. Makan saat dehidrasi dapat menyebabkan tubuh untuk memiliki sangat sulit waktu mencerna makanan.

Referensi:

http://www.collective-evolution.com/2013/07/02/is-drinking-water-while-eating-good-for-you/

http://sweetspearls com/health/bolehkah-minum-di-selasela-makan/

http://www.tergemes.com/2016/04/bahaya-makan-sambil-minum.html

Selengkapnya:

Posted in Biology, Depan.


0 Responses

Stay in touch with the conversation, subscribe to the RSS feed for comments on this post.



Some HTML is OK

or, reply to this post via trackback.